Bagaimana Membuat Air Tidak Berbau Besi Lagi??


Pada postingan yang lalu, sudah dijelaskan mengenai penyebab air berbau besi, dan bagaimana pula proses alami yang terjadi yang bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau besi tersebut.

Kali ini kita akan mengkaji beberapa metode yang dilakukan untuk menghilangkan kandungan Besi (Fe) dan Mangan (Mn) terlarut dalam air penyebab bau besi tersebut.


Oksidasi dengan Udara (Aerasi)

Metode ini adalah membuat agar air tersebut sebanyak mungkin ber kontak dengan udara (yang mengandung oksigen), dengan tujuan agar unsur Fe dan Mn terlarut berubah menjadi garam tak larut.

            4 Fe2+ + O2 + 10 H2O ===> 4 Fe(OH)3 + 8 H+
            2 Mn2+ + O2 + 2 H2O ===> 2 MnO2 + 4 H+

Dalam kondisi normal, aerasi selama 1-2 jam sudah cukup buat mengoksidasi unsur Fe dan Mn terlarut tadi, yang selanjutnya bisa dengan mudah kita saring untuk mendapatkan air bersih dan jernih.


Oksidasi dengan Khlorine (Khlorinasi)

Klorin (Chlorine) adalah salah satu oksidator kuat yang akan mempercepat proses oksidasi Fe dan Mn terlarut. Bau klorin adalah seperti yang sering kita cium di kolam-kolam renang, cukup menyengat bukan?
Selain sebagai oksidator, klorin juga bersifat sebagai desinfektan yang efektif membunuh bakteri-bakteri yang merugikan kesehatan.

Hanya saja, klorin ini tidak baik jika digunakan langsung pada air minum, dan perlu treatment berikutnya untuk menghilangkannya dari air.


Oksidasi dengan kalium permanganat

Cara berikutnya adalah menggunakan Kalium Permanganat, atau yang lebih dikenal oleh kita sebagai PK. Namun karena warnanya yang biru/ungu, dengan sendirinya air kita akan berubah warna menjadi biru/ungu tersebut, yang perlahan nanti berubah menjadi kecoklatan.


Menghilangkan Besi dan Mangan dengan Cara Koagulasi

Cara ini adalah dengan menambahkan zat pengendap (koagulan) atau dengan arus listrik.


Penghilangan Fe dan Mn Dengan Cara Pertukaran Ion dan Zeolit

Cara ini adalah menggunakan media berupa Zeolit atau Resin yang banyak kita temui pada filter-filter zeolit. Biasanya berupa butiran-butiran zeolit yang digunakan pada tabung filter.

Dan masih ada beberapa cara lain, yang penulis tidak begitu applicable untuk kebperluan sehari-hari, seperti menggunakan bakteri besi dan sebagainya.

Pada artikel berikutnya, penulis akan menyampaikan beberapa cara atau teknik menghilangkan bau besi ini yang bisa kita aplikasikan di rumah.

Sumber referensi: http://www.kelair.bppt.go.id/Sitpa/Artikel/Filter/filter.html

Comments

Popular Posts